20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Terima Bantuan Sarana dan Prasarana Usaha

Pemerintah Kota Batu melalui dinas sosial menyalurkan bantuan sarana dan prasarana bagi Keluarga Penerima Manfaat (Kpm) Program Keluarga Harapan (Pkh) tahun 2021. Bantuan diserahkan langsung oleh Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko/ secara langsung di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu.

20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Terima Bantuan Sarana dan Prasarana Usaha
20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Terima Bantuan Sarana dan Prasarana Usaha

AGROPOLITAN.TV - Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Sosial terus menyalurkan bantuan sosial kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) melalui pengadaan sarana dan prasarana pendukung usaha. Sehingga nantinya penerima bantuan bisa melakukan usaha kreatif dan lebih mandiri.

Pemberian bantuan sarana prasarana pendukung usaha kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang dilakukan dinas sosial kota batu ini digelar di Pendopo Rumah Dinas Walikota Batu.

Walikota Batu yang turut hadir bangga kepada sejumlah KPM PKH yang sudah mampu mandiri yang secara tidak langsung mampu mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan di Kota Batu. Bantuan yang diberikan berupa sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan usaha keluarga penerima manfaat sesuai dengan bidang usaha masing-masing. Tak hanya itu walikota berharap tidak hanya difasilitasi dengan alat alat saja namun juga dibantu dalam proses pemasaran sehingga usaha yang dilakukan bisa jalan. Dan Walikota meminta jika usaha yang dijalankan sudah berhasil untuk bisa memberdayakan tetangga di sekitar sehingga bisa mensejahterakan keluarga.

Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririk Mashuri, mengatakan peralatan yang diberikan berdasarkan pengajuan sesuai usaha yang dijalani. Sebanyak 20 peralatan penunjang sesuai usaha KPM. Mulai dari kompresor untuk tambal ban, alat pemintal bagi usaha pot serabut, alat cabut bulu ayam, peralatan memasak untuk yang memiliki usaha catering, dan rombong untuk penjual makanan keliling.

Ririk menambahkan bantuan ini diberikan kepada keluarga yang telah graduasi mandiri (berhenti kepesertaan Program Keluarga Harapan) karena ekonominya sudah meningkat. Tahun ini yang masih menjadi anggota PKH sejumlah 3.725 dan yang telah graduasi mandiri ada 384 kpm.

Seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) ini akan dimonitoring dan dievaluasi bertahap oleh pendamping dan koordinator PKH. Nantinya bagi mereka yang dinilai sudah mandiri akan dihentikan dan disalurkan kepada penerima yang lain.

   Ary Punka Aji, ATV.