127 Perwakilan Guru SMK Indonesia Jalani Praktek Kompetensi Dasar

Sebanyak 127 peserta Diklat Guru perwakilan SMK se-Indonesia jalani, praktek kompetensi dasar. Praktek kompetensi dasar tersebut salah satunya instalasi plambing dalam gedung dan finishing kayu mebel dan bangunan yang berlangsung di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika Malang (BBPPMPV BOE) Malang.

127 Perwakilan Guru SMK Indonesia Jalani Praktek Kompetensi Dasar
127 Perwakilan Guru SMK Indonesia Jalani Praktek Kompetensi Dasar

AGROPOLITAN.TV - Setelah mendapatkan teori materi, sebanyak 127 peserta diklat guru SMK perwakilan se-Indonesia mulai jalani, praktek kompetensi dasar. Praktek kompetensi dasar tersebut salah satunya instalasi plambing dalam gedung dan finishing kayu mebel dan bangunan yang berlangsung di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan ElektroniknikaMalang (BBPPMPV BOE) Malang.

Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), BBPPMPV BOE Malang, Dr. Ir. Abd Rochim, M.M. mengatakan praktek yang dilaksanakan sesuai bidang diklat masing-masing. Terdapat tiga kelas dari 10 kelas yang ada, dilaksanakan  beberapa lokasi termasuk di hotel. Dengan maksud, memenuhi protokol kesehatan serta menghindari kerumunan masa mengingat situasi pandemi Covid-19 .

Ada beberapa praktek kompetensi yang digelar, antara lain Penggunaan autoCAD 2 Dimensi dalam bangunan, CAD Mechanical Engineering (CADD), IT Essential PC Hardware and Software, instalasi plambing dalam gedung” serta finishing kayu mebel dan bangunan.

Materi praktek kompetensi dasar diberikan oleh para Widyaiswara (WI), sebagai bekal sebelum para peserta terjun langsung dalam magang dan uji sertifikasi industri.

Sementara, Koordinator Program Keahlian Tehnik Konstruksi, Properti dan Geomatika, Santosa Ahmad, M.T, mengatakan jika seorang guru kejuruan/vokasi seyogianya selalu memegang prinsip “Work to the Talk”, bekerja/praktek terlebih dahulu untuk bicara.

LIHAT VIDEO BERITA DI SINI

Sehingga seorang guru akan lebih percaya diri dan mampu memberikan motivasi dalam transfer knowledge dan Skill kepada para peserta didik di sekolah, jika sudah pernah melakukan apa yang disampaikan.

Diklat upskilling dan reskilling guru SMK Berstandar Industri ini, dilaksanakan dalam 2 minggu atau setara 100 jam. Selanjutnya, akan melaksanakan magang di dunia industri selama 1 minggu dan diakhiri dengan uji sertifikasi industri.

 Saiful Akbar ATV