10 Program Prioritas Akan Dituntaskan Di 2021

Pemerintah Kota Batu menargetkan sepuluh program prioritas pembangunan bisa dilaksanakan pada 2021 mendatang. Sepuluh program tersebut sebenarnya sudah direncanakan untuk dilaksanakan pada 2020 ini, namun rencana tersebut batal direalisasikan karena anggarannya dialihkan untuk menangani pandemi covid-19.

10 Program Prioritas Akan Dituntaskan Di 2021

agropolitan.tv -Pemerintah Kota Batu menargetkan sepuluh program prioritas pembangunan bisa dilaksanakan pada 2021 mendatang. Sepuluh program tersebut sebenarnya sudah direncanakan untuk dilaksanakan pada 2020 ini, namun rencana tersebut batal direalisasikan karena anggarannya dialihkan untuk menangani pandemi covid-19.

Untuk mempercepat penanggulangan pandemi covid-19 di Kota Batu, Pemerintah Kota Batu terpaksa harus melakukan pengalihan atau refocusing anggaran yang nilainya mencapai 102 Miliar. Anggaran sebesar itu berasal dari pengalihan anggaran di seluruh OPD di lingkungan Pemkot Batu.

Meskipun saat ini alokasi anggaran tersebut sudah direlaksasi, namun penggunaannya tidak akan bisa maksimal lagi karena batas penggunaan APBD hanya sampai 23 Desember saja. Menurut Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, Pemkot Batu tidak bisa memaksakan untuk melaksanakan program-programnya jika tidak bisa maksimal.

Oleh karena itu, kemungkinannya baru bisa dilaksanakan pada 2021 mendatang. Diharapkan tahun 2021 bisa menjadi tahun pemulihan bagi Kota Batu. Ada sepuluh program prioritas pembangunan yang rencananya akan dilaksanakan Pemkot Batu pada 2021 mendatang.

Ke sepuluh program prioritas tersebut adalah pembangunan cold storage, revitalisasi pasar tradisional, revitalisasi GOR Ganesha, peningkatan pengembangan infrastruktur jalan dan penataan kawasan paralayang berstandar internasional, serta pembangunan SDN Sumber Brantas dan SMPN 7 di Kecamatan Junrejo.

Selanjutnya pembangunan Puskesmas di Kecamatan Bumiaji dan Unit Transfusi Darah, pembangunan perpustakaan umum, rehab gedung kesenian, pembangunan museum HAM Munir, serta pemantapan dan pemberdayaan pembangunan desa wisata di sejumlah desa binaan.

Walikota berharap rencana tersebut tidak akan tertunda lagi dengan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab selain dapat meningkatkan angka serapan anggaran di masing-masing OPD terkait, realisasi kesepuluh program tersebut juga demi memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat.

Hasan Syamsuri, Atv Melaporkan...